Diambil Sumpah, 19 Lulusan Prodi Profesi Arsitek UII Yogyakarta Dibekali Multi Disiplin Ilmu
Diambil Sumpah, 19 Lulusan Prodi Profesi Arsitek UII Yogyakarta Dibekali Multi Disiplin Ilmu

Diambil Sumpah, 19 Lulusan Prodi Profesi Arsitek UII Yogyakarta Dibekali Multi Disiplin Ilmu

JOGJAGRID.COM - Program Studi Profesi Arsitek (PPAr) Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) meluluskan 19 arsitek baru pada angkatan ke-14 tahun akademik 2024/2025. 

Dua orang yakni Aliya Jauhari Hildayanti, dan Dwiwangga Sang Nalendra Hadi dinyatakan lulus dengan predikat summa cum laude. Adapun 14 lulusan menyandang predikat cumlaude, dan 3 lulusan berpredikat sangat memuaskan.

Prosesi pengambilan sumpah Keprofesian Arsitek dilaksanakan di Auditorium FTSP UII, Sabtu (19/10).
  
Dalam laporannya, Ketua PPAr UII Dr Yulianto  Purwono Prihatmaji mengatakan, para lulusan telah tuntas menjalani proses pembelajaran selama satu tahun, dengan menempuh 36 SKS berupa 9 mata kuliah baik wajib maupun mata kuliah pilihan.

"Mereka belajar Architect Leadership dengan beragam disiplin ilmu di mata kuliah Studio Arsitek Profesional multy-disciplin, yang dilaksanakan di dalam kampus bersama para tenaga ahli multidisiplin," jelasnya.
 
Architect Leadership in community melalui mata kuliah Studio Arsitek Profesional participatory, dan Advokasi Desain yang dikerjakan bersama klien masyarakat dan komunitas, mahasiswa berperan menjadi pendamping masyarakat untuk menemukan solusi desain rancangan. Kegiatan kerja praktik dilakukan diperusahaan Konsultan Perencana anggota Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF) secara akumulatif selama 3 bulan. 

Mereka belajar tentang Manajemen Bisnis Arsitektur pada kasus nyata. Kegiatan semacam ini membuka peluang kerja bagi mahasiswa. 

"Tidak sedikit mahasiswa langsung mendapat kesempatan bekerja ditempat kerja praktik sesudah mahasiswa lulus. Hal ini menjadikan indikator waktu tunggu lulusan untuk bekerja menjadi sangat baik," imbuhnya.
 
Secara keseluruhan, dalam kurun masa pembelajaran, mahasiswa telah terlibat dengan beragam kegiatan pembelajaran, pengabdian masyarakat dan penguatan karakter keprofesian, sehingga manakala mereka telah lulus mampu menerapkan Kode Etik Profesi dan Kaidah Tata Laku Arsitek yang telah mereka dapatkan bersama IAI.

Lulusan telah siap bekerja bersama para Arsitek Mentor di biro-biro arsitek yang terkoordinasi oleh IAI di provinsi-provinsi seluruh Indonesia. 
 

Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.