UPN Veteran Jogja Dampingi Panti Asuhan Al-‘afiyah Sleman Tingkatkan Soft dan Hard Skill
UPN Veteran Jogja Dampingi Panti Asuhan Al-‘afiyah Sleman Tingkatkan Soft dan Hard Skill

UPN Veteran Jogja Dampingi Panti Asuhan Al-‘afiyah Sleman Tingkatkan Soft dan Hard Skill

JOGJAGRID.COM : Panti Asuhan merupakan lembaga tempat bagi anak yang berfungsi untuk memfasilitasi hak-hak anak. Salah satunya panti asuhan yang berlokasi di Jl. Kopral Samiyo 1, Kemasan, Sendangtirto, Berbah, Sleman ini. 

Panti Asuhan Al-Afiyah didirikan oleh Bapak Didit Hartanto dan Ibu Ani Susanti dengan total santriwati sebanyak 19, masing-masingnya berada di tingkat SMP hingga SMA, serta tahun 2024 ini lulus SMA sebanyak 4 santriwati. Baik penghuni dan pemilik panti asuhan Sebagian besar berasal dari Provinsi Bengkulu yang merantau ke Yogyakarta. Kondisi Panti Asuhan Yatim dan Duafa Al ‘Afiyah cukup memprihatinkan, yang berupa: pemasukan untuk biaya operasional sehari-hari bagi panti tidak tetap, hanya mengandalkan dana dari bantuan donatur tidak tetap seperti sumbangan masyarakat yang tidak mengikat, seperti Zakat, Infaq dan Shodaqah (ZIS) kaum muslimin. Bangunan yang ditempati bersifat sewa yang pembayarannya /tahun. Selain itu fasilitasnya kurang memadai, seperti minimnya ruang untuk beribadah, kamar mandi hanya satu (untuk 18 anak), dana yang sangat minim untuk mencukupi kebutuhan operasional harian (kebutuhan logistik, kebutuhan mandi, dan sebagainya), minimnya dana untuk mendatangkan pelatih dalam meningkatkan keterampilan hard skill dan foft skill anak-anak panti. Kondisi ini menunjukkan panti asuhan tersebut sangat membutuhkan bantuan dari masyarakat, pemerintah dan pihak-pihak yang terkait. Anak-anak panti membutuhkan pelatihan kemampuan berwirausaha agar ke depan, mereka dapat hidup mandiri tanpa harus bergantung pada bantuan orang lain.

Mengetahui latar belakang tersebut, dosen dari UPN “Veteran” Yogyakarta (Dr. Yuni Siswanti., SE., M.Si; Sucahyo Heriningsih, S.E., M.Si, Ak; Laila Nafisah, S.T., M.T. dan Yusna Bantulu., SP., M.Pd) serta anggota mahasiswa (Dzulfikri Shiddiq, Aulia Rachmawati Putri, Judith Kayana Dewi, dan Ruhillah Balqies) memulai untuk melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pendampingan keterampilan hard dan soft pada 09 Juni 2024 bertempat di Panti Asuhan Al-Afiyah.  Program direncanakan berakhir hingga akhir September 2024.
Sesuai kebutuhan-kebutuhan hasil survey yang dilakukan tim PbM, maka pelaksanaan program meliputi pelatihan kitab kuning (10 kali), Bahasa Inggris (3 kali), kewirausahaan dalam bentuk memasak (4 kali)  dan menjahit (5 kali), pelatihan administrasi dan akuntansi sederhana (3 kali), public speaking (4 kali), serta kepemimpinan (4 kali). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh santriwati di Panti Asuhan Al-‘Afiyah rutin setiap hari Rabu (pada waktu libur kenaikan kelas) dan setiap hari Ahad (Minggu). Para santriwati tersebut terlihat antusias mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan kewirausahaan yang diikuti oleh santriwati Panti Asuhan Al-Afiyah ini.

Dengan adanya pendampingan dan pelatihan ini, diharapkan Panti Asuhan Al-Afiyah mampu melanjutkan program yang telah diberikan sehingga anak-anak panti menjadi pribadi yang mandiri, unggul dan Amanah. Di samping itu nama Panti Asuhan Al-Afiyah semakin dikenal luas oleh masyarakat dan dinas sosial sehingga terbuka kesempatan untuk memperoleh bantuan dana dari para donator. Program pendampingan ini akan dievaluasi dan dipantau oleh tim PbM untuk melihat perubahan perilaku anak-anak panti dalam menerapkan ilmu membaca kitab kuning, ilmu menjahit, ilmu memasak, berkomunikasi di depan public, administrasi, akuntansi sehingga mereka menjadi pribadi yang unggul, mandiri dan amanah. Tim Pengabdian kepada Masyarakat Bersama pengelola panti berupaya melakukan komunikasi dengan Dinas Sosial terkait eksistensi panti asuhan Al-Afiyah ini, dengan harapan mendapat perhatian berupa bantuan dana, bantuan pendampingan dan sebagainya. Hasil komunikasi tim PbM dengan salah satu pelatih menjahit: di beberapa bulan ke depan ada pihak LSM yang siap memberi pelatihan membatik gratis bagi anak-anak panti Al-Afiyah.


Pengelola panti asuhan Al-Afiyah (Bapak Didit dan Ibu Ani) menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepedulian dari tim PbM UPN “Veteran” Yogyakarta yang diketuai oleh Dr. Yuni Siswanti guna membantu anak-anak panti dalam mewujudkan generasi masa depan yang unggul, mandiri dan Amanah. 



Advertisement banner

Baca juga:

Admin
Silakan ikuti kami di media sosial berikut.